Latest Post
Loading...
banner 970x90

Tahukah anda bahwa Mengkonsumsi Ikan Dapat mengurang Depresi

Mengkonsumsi ikan Selain menyehatkan ternyata juga dapat membantu mengurangi gejala depresi,Menurut Fang Li, peneliti dari Medical College of Qingdao University di Tiongkok menemukan fakta yang unik terkait hal ini. Mengkonsumsi ikan dapat meningkatkan mood yang mampu menurunkan resiko depresi hingga 17%. Tentu saja hal ini jika dibandingkan dengan mereka yang mengkonsumsi ikan dalam jumlah sedikit. Studi tersebut menunjukkan adanya hubungan sebab akibat antara konsumsi ikan dengan tingkat depresi seseorang.

Ikan merupakan bahan makanan yang kaya akan beragam nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan seperti asam lemak omega 3, protein, vitamin dan mineral. Kandungan nutrisi inilah yang dikaitkan dengan penurunan depresi pada para konsumennya. Sayangnya penelitian ini secara statistik hanya signifikan untuk penelitian yang dilakukan di Eropa. Para peneliti tidak menemukan korelasi atau manfaat yang sama pada penelitian yang dilakukan di Amerika Utara, Asia, Australia ataupun Amerika Selatan. Para peneliti juga belum mengetahui penyebab pastinya.


Asam lemak omega 3 dalam ikan dapat mengubah struktur membran otak atau asam tersebut dapat mengubah cara kerja spesifik dari neurotransmiter. Seperti yang telah banyak diketahui, neurotransmitter merupakan brain’s chemical messengers yang mengirimkan informasi antar sel otak. Beberapa neurotransmitter seperti dopamin dan serotonin diduga kuat terlibat dalam mengatur suasana hati, tidak terkecuali dengan masalah depresi.

Bahkan depresi telah mempengaruhi 350 juta orang di seluruh dunia. Dan salah satu penyebabnya tidak lain adalah mood disorder. Untuk melihat keterkaitan peran makanan pada tingkat depresi seseorang, Li dan koleganya mereview 26 penelitian yang diterbitkan antara tahun 2001 dan 2014. Penelitian ini melibatkan lebih dari 150.000 orang, dimana 10 penelitiannya dilakukan di Eropa. Proses demikian dikenal dengan sebutan meta analisis. Sebuah upaya yang dilakukan untuk menemukan pola konsisten pada beberapa studi.


Selain menemukan peran makanan secara keseluruhan dari ikan dalam mencegah depresi, Li juga menemukan perbedaan yang terjadi pada wanita dan pria. Pada pria, konsumsi ikan dapat menurunkan tingkat depresi sebesar 20%, sedangkan pada perempuan hanya sebesar 16% saja. Meski belum diketahui cara spesifik hubungan konsumsi ikan dalam menurunkan depresi, namun hasil penelitian ini dapat menjadi salah satu acuan untuk mendapatkan pola hidup yang lebih sehat, yaitu dengan memperbanyak jumlah konsumsi ikan

Sumber: www.webmd.com

Post a Comment

 
Support : About | Info Iklan | Kontak Kami
Copyright © 2011. Berita Lugas - All Rights Reserved