Latest Post
Loading...
banner 970x90

Ini beberapa Rukun dan Syarat Sah Menyembelih Hewan Kurban

Hari hari Idul Adha (Hari Raya Qurban) sebentar lagi tiba, perlu kita ketahui apa saja Rukun dan Syarat Syah menyembelih hewan kurban.Selain memperhatikan kondisi hewan kurban yang akan disembelih, syariat Islam juga telah mengajarkan tata cara proses penyembelihan. Agar hewan halal yang disembelih tidak menjadi haram karena proses penyembelihannya asal-asalan.

Ketua Umum Ikatan Dai Indonesia (Ikadi) Prof KH Ahmad‎ Satori Ismail menyampaikan, ada beberapa rukun dan syarat penyembelihan hewan yang mesti diperhatikan.
“Syarat orang yang menyembelih adalah beragama Islam atau ahli kitab. Karena mengonsumsi daging sembelihan orang kafir dan musyrik adalah haram hukumnya," katanya pada Republika.co.id, Rabu (16/9).

Syarat kedua, orang yang menyembelih harus baligh dan berakal. Lalu, si penyembelih hewan kurban harus menyebut nama Allah SWT.

"Di surat Al-An'am ayat 121, sebagian ulama menyatakan bahwa menyebut nama Allah SWT tidak termasuk syarat apabila penyembelihan binatang tersebut Muslim," katanya.

Rukun yang keempat ‎menyembelih hewan mesti sudah diniatkan atau sengaja disembelih. Serta, si penyembelih tidak buta
Sumber: 
Republika.co.id

Post a Comment

 
Support : About | Info Iklan | Kontak Kami
Copyright © 2011. Berita Lugas - All Rights Reserved